TANDORA Puskesmas Oro-Oro Ombo

Tandora atau yang lebih dikenal dengan sebutan Kegiatan Donor Darah merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tiga bulan sekali di masing-msing kelurahan di wilayah kerja Puskesmas Oro-Oro Ombo. Kelurahan yang merupakan wilayah kerja Puskesmas Oro-Oro Ombo meliputi Oro-Oro Ombo, Klegen, Kanigoro, Kartoharjo, dan  Sukosari. Kegiatan Donor Darah yang telah berjalan ini difokuskan untuk P4K (Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi) sehingga dapat mengantisipasi terjadinya komplikasi pada ibu hamil, bersalin, dan nifas.

Bekerjasama dengan pihak PMI Kota Madiun, pelaksanaan donor darah biasa dilakukan di gedung pertemuan/ruang pertemuan di kantor kelurahan masing-masing wilayah. Peserta donor darah adalah masyarakat di kelurahan yang terkait dan tidak dipungut biaya. Pada Bulan Januari lalu telah dilaksanakan Tandora rutin di Kelurahan Kartoharjo. Yuk, donor darah! (cherlly)

 

Deteksi Dini melalui PTM

Pemeriksaan Kesehatan di Posbindu PTM merupakan salah satu kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Puskesmas Oro-Oro Ombo. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan deteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular (PTM).

Tahun 2018, Puskesmas Oro-Oro Ombo memiliki 8 Posbindu PTM. Untuk wilayah Kelurahan Kanigoro terdapat di wilayah RW 1 dan UNIPMA. Wilayah Kelurahan Kartoharjo terdapat di Lansia Dewi Sinta dan Pusdikbang SDM Perhutani. Wilayah Kelurahan Sukosari terdapat di BPR Tunas Artha Baru dan PT. Refindo Intiselaras Indonesia. Sedangkan untuk wilayah Kelurahan Oro-Oro Ombo dan Klegen terdapat di SDN Oro-Oro Ombo dan SDN 3 Klegen. Posbindu PTM di PT. Refindo Intiselaras Indonesia, SDN Oro-Oro Ombo baru dan RW 1 Kelurahan Kanigoro baru dilaksanakan pada 2018 ini. (dayu)