Penyuluhan Kelompok ASI Eksklusif dan MPASI

Seribu Hari Pertama Kehidupan (HPK) adalah periode emas pertumbuhan dimulai sejak dalam kandungan hingga berusia 2 tahun. Karena itu penting untuk memastikan bahwa anak usia 0-2 tahun mendapatkan asuhan gizi yang terbaik. Asuhan gizi yang dimaksudkan adalah pemberian makanan pada bayi dan anak sesuai standar ‘emas’ yaitu Inisiasi Menyusui Dini (IMD), Asi Eksklusif saja sampai usia 6 bulan, MP-ASI dan ASI sampai usia dua tahun atau lebih setelahnya.

Pada bulan Juli tahun 2018 Puskesmas Oro-Oro Ombo bekerja sama dengan Kelurahan menyelenggarakan Penyuluhan Kelompok tentang Program Kesehatan ASI Eksklusif dan MPASI yang dilaksanakan pada tanggal 23 Juli-27 Juli 2018, meliputi Kelurahan Sukosari, Oro-Oro Ombo, Kartoharjo, Klegen, dan Kanigoro. Acara ini turut mengundang kader posyandu, motivator ASI, ibu hamil, dan menyusui serta lintas sektor. Dengan terlaksananya acara ini diharapkan ibu-ibu  mampu melakukan IMD (Inisiasi Menyusu Dini) dan memberikan ASI eksklusif kepada bayinya, serta memberikan MP-ASI secara baik dan benar. Untuk kader posyandu, Motivator ASI serta lintas sektor diharapkan mampu mendukung dan menjadi fasilitator ibu-ibu dalam terlaksananya program IMD, ASI Eksklusif dan PMBA.

Penulis : Dea Mustika H, S.Gz

Penyunting :  Cherlly Pritta

 

Cerdas Dalam Penggunaan Antibiotik

 

Penggunaan antibiotik tanpa resep dokter sebagai bagian pengobatan sendiri kini makin banyak dilakukan. padahal antibiotik merupakan jenis golongan obat resep dan tidak semestinya dapat dibeli dengan bebas.

Antibiotik merupakan obat resep dan bukan golongan obat bebas karena hanya melalui pemeriksaan dokter yang bisa membedakan infeksi akibat bakteri dari infeksi lain yang tidak bisa ditangani oleh antibiotik.

Konsumsi antibiotik sesuai dosis bertujuan mengurangi risiko timbulnya efek samping dan mencegah terjadinya resistensi antibiotik/bakteri kebal terhadap antibiotik. Jika bakteri kebal terhadap pengobatan dasar, maka akan meningkatkan risiko komplikasi dan kematian.

Untuk mencegah bakteri kebal terhadap antibiotik, beberapa hal yang perlu dilakukan adalah :

  1. Jangan sembarangan mengonsumsi antibiotik, dan harus sesuai dengan resep dokter.
  2. Bertanyalah kepada dokter, obat mana yang mengandung antibiotik baik dosis maupun cara pemakaiannya.
  3. tanyakan kembali saat menerima obat, manakah yang termasuk antibiotika dan yang harus dihabiskan.

Semoga informasi ini bisa membantu untuk lebih jelas mengenai antibiotika  bisa menanyakan di ruang farmasi puskesmas oro oro ombo bisa dengan apotekernya atau tenaga farmasi. Mari cerdas menggunakan antibiotik.

 

 

Penulis : Lukman Isma’il S.Fam.,Apt

Penyunting : Cherlly Pritta