“BERGURU” KAJI BANDING KE PUSKESMAS GONDOKUSUMAN 1 KOTA YOGYAKARTA

Tuntutan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan aman dan bermutu menjadi salah satu daya pacu Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) untuk berlomba dalam memperoleh pengakuan bagi kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan. Akreditasi FKTP merupakan pengakuan yang diberikan oleh lembaga independen penyelenggara akreditasi yang ditetapkan oleh Menteri setelah memenuhi standar akreditasi yang berlaku berdasarkan rekomendasi surveior.  Dalam akreditasi puskesmas kegiatan kaji banding diperlukan sebagai kesempatan untuk belajar dari pengelolaan dan pelaksanaan kegiatan Admen, UKM, dan UKP puskesmas di puskesmas yang dikunjungi dan dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak untuk perbaikan kinerja masing-masing puskesmas.

Pertengahan Bulan November lalu, Puskesmas Oro-Oro Ombo melakukan kaji banding ke Puskesmas Gondokusuman 1 Kota Yogyakarta. Puskesmas yang terletak ditengah Kota Yogyakarta ini memperoleh status Akreditasi Utama, sehingga menjadi pilihan bagi Puskesmas Oro-Oro Ombo untuk “menimba ilmu” sebagai bekal persiapan re-akreditasi di tahun 2019 nanti. Sebelum melakukan kaji banding dalam akreditasi puskesmas tentunya hal-hal persiapan telah dilakukan rombongan dari Puskesmas Oro-Oro Ombo meliputi target puskesmas apa yang akan dicapai nanti, topografi yang mirip, menentukan waktu dan rencana yang tepat serta instrumen kaji banding sesuai pedoman akreditasi yang ada.

Tim Puskesmas Oro-Oro Ombo Kota Madiun berpose bersama Puskesmas Gondokusuman 1 Yogyakarta

Rombongan Puskesmas Oro-Oro Ombo berangkat dari Madiun dini hari, dan sampai di Kota Yogyakarta keesokan pagi harinya. Setelah rombongan datang di lokasi, rombongan disambut oleh beberapa karyawan Puskesmas Gondokusuman 1 yang pada saat itu sedang berlangsung jam buka pelayanan sehingga beberapa karyawan terlihat masih bertugas. Acara sambutan diadakan di ruang aula pertemuan dipimpin oleh Kepala Puskesmas Gondokusuman 1 Kota Yogyakarta, dr. Salfida Mariani M.KM dilanjutkan acara sharing materi mulai dari bagian Admen, UKM, dan UKP serta beberapa inovasi puskesmas. Setelah acara tersebut, rombongan diajak untuk berkeliling melihat langsung alur proses pelayanan di Puskesmas Gondokusuman 1 Kota Yogyakarta dan mengambil beberapa dokumentasi. Acara diakhiri oleh serah terima cinderamata dari Puskesmas Oro-Oro Ombo sebagai bentuk terimakasih atas keramahan dan penerimaan kedatangan di Puskesmas Gondokusuman 1 Kota Yogyakarta.

Hasil dari kaji banding banyak memberikan gambaran mengenai perbaikan pokja Admen, UKM, dan UKP puskesmas. Hal ini semakin menggiatkan Pusksemas Oro-Oro Ombo untuk meningkatkan kinerja pelayanan kesehatan dan melahirkan inovasi-inovasi baru. Pelaksanaan akreditasi puskesmas semata ditujukan untuk meningkatkan mutu pelayanan Puskesmas Oro-Oro Ombo sebagai fasilitas kesehatan tingkat pertama pilihan masyarakat di Kota Madiun dan sekitarnya. (Aulia Mutiara)

HKN Ke-54, Ayo Hidup Sehat!

Tanggal 12 November setiap tahunnya diperingati sebagai peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) dimana selalu diperingati dengan berbagai even di Ibukota maupun di berbagai daerah Indonesia. Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (KB) Kota Madiun menggelar puncak peringatan HKN ke-54 Tahun 2018 di Halaman Depan Balaikota yang dihadiri oleh Walikota Madiun, H. Sugeng Rismiyanto, SH. M.Hum., dan dihadiri pula oleh pejabat-pejabat dari Forpimda, DPRD, Segenap OPD, PKK, Seluruh Lurah dan Pejuang-Pejuang Kesehatan dan KB termasuk kader-kader kesehatan sebagai ujung tombak yang membantu program-program kesehatan di Kota Madiun.

Puncak acara peringatan HKN dilakukan dengan menggelar jalan santai dan pameran kesehatan yang diikuti 2000 peserta dan dibuka langsung oleh  Bapak Walikota Madiun. Menurut penyataan Walikota Sugeng Rismiyanto  yang dikutip dari http://madiunkota.go.id/2018/11/16/raih-4-penghargaan-tahun-ini-walikota-apresiasi-dinkes-kota-madiun/, “Sehat itu kebutuhan setiap orang, mari menjaga kesehatan dimulai dari pribadi masing – masing.”

HKN Ke-54 Tahun 2018 mengangkat tema “Aku Cinta Sehat” dengan subtema Ayo Hidup Sehat, Mulai dari Kita. Tema ini sejalan dengan Program Indonesia untuk lebih sadar, mau dan mampu berperilaku sehat sehingga kualitas hidup masyarakat Indonesia meningkat setiap tahunnya. Dikutip dari http://promkes.kemkes.go.id/hari-kesehatan-nasional-hkn-ke-54-ayo-hidup-sehat-mulai-dari-kita “Momentum HKN ke-54 ini juga bertujuan sebagai langkah mewujudkan peningkatan kualitas kesehatan setinggi-tingginya, dengan melibatkan seluruh komponen bangsa mulai dari pemerintah hingga masyarakat berperan aktif dan semakin menggalakkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dalam aktivitas sehari-hari.”

Perlu kita ketahui bahwa 3 poin GERMAS yang telah diluncurkan sejak tahun 2016 di Kota Madiun adalah mengkonsumsi beragam sayur dan buah, olahraga atau aktivitas fisik secara teratur dan terukur, serta cek kesehatan secara berkala atau rutin.

Sebelum dilakukan acara puncak peringatan, telah dilaksanakan ragam rangkaian peringatan HKN ke-54 oleh Dinkes dan KB beserta 6 Puskesmas di Kota Madiun. Rangkaian acara tersebut antara lain :

  • Lomba-lomba bidang kesehatan dan KB,
  • Seminar menopause di Hotel Aston tanggal 31 Oktober 2018,
  • Talkshow Hari Aids Sedunia di Atrium Suncity Mall tanggal 11 November 2018,
  • Upacara peringatan HKN di Halaman Balaikota tanggal 12 November 20018,
  • Pemeriksaan IVA gratis di 3 Kecamatan mulai tanggal 12-14 November 2018.

Dalam acara puncak peringatan disiarkan bahwa selama tahun 2018, Kota Madiun mendapat 4 penghargaan dalam bidang kesehatan. Penghargaan tersebut adalah Pastika Parama (penghargaan dalam mengimplementasikan kawasan bebas asap rokok), STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) Berkelanjutan, Puskesmas Berprestasi Tingkat Provinsi Jawa Timur, dan Kota Sehat.

Diharapkan bahwa dengan momentum acara HKN ke-54 ini seluruh lapisan masyarakat dapat terlibat dalam mendukung untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat terutama masyarakat di Kota Madiun. (Devi)