Kampanye CTPS dan Jumantik Sekolah

 

Pada tanggal 15-16 Agustus 2017 telah diadakan acara “Kampanye CTPS dan Jumantik Sekolah” bagi siswa-siswi SD di wilayah kerja Puskesmas Oro-Oro Ombo Kota Madiun. Acara ini dilaksanakan di Gedung Pertemuan Kelurahan Sukosari dan dimulai pada pukul 08.30 WIB. Sebanyak 180 siswa bergabung dalam acara ini yang berlangsung selama 2 hari.

Pada sesi pertama, peserta mendapatkan materi tentang Jumantik Sekolah. Materi ini bertujuan agar siswa dapat melakukan Pemeriksaan Jentik Berkala (PJB)  di dalam lingkungan sekolah dan di lingkungan sekitar dalam radius 500 meter dari sekolah secara langsung dengan didampingi oleh guru UKS.

Materi ke dua yang didapatkan oleh peserta adalah Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS). Pada materi ini, siswa mendapatkan ilmu tentang prinsip dasar, manfaat serta 5 waktu penting Cuci Tangan Pakai Sabun. Di akhir acara, panitia membagikan doorprize kepada peserta yang dapat menjawab pertanyaan seputar materi yang telah diberikan pada hari iitu.

Dengan kegiatan Kampanye CTPS dan Jumantik Sekolah, diharapkan peserta yang masih duduk di sekolah dasar ini dapat menularkan dan menerapkan ilmu kepada teman di sekitarnya serta memberikan hal positif di lingkungan sekolah maupun di lingkungan rumah. (Cherlly-red)