Kelurahan Oro Oro Ombo : Kampung Sadar Gizi

Untuk membangun kemandirian pemberdayaan dan kesadaran masyarakat di Kecamatan Kartoharjo dalam mengenal, mencegah dan mengatasi masalah gizi setiap anggota keluarganya, maka Dinas Kesehatan dan Berencana Kota Madiun membentuk Kampung Sadar Gizi di wilayah Kelurahan Oro-Oro Ombo.

Pembentukan Kampung Sadar Gizi di Kelurahan Oro-Oro Ombo ini  dilaksanakan pada tanggal 24 Juli 2018 bertempat di Gedung Kelurahan Oro-Oro Ombo meliputi 1 wilayah Rukun Warga (RW), yaitu RW I yang meliputi RT I, RT II, RT III, dan RT IV. Acara Kampung Sadar Gizi dilaksanakan selama dua sesi. Sesi pertama pada pukul 13.00 WIB dimulai dengan acara registrasi, sosialisasi tentang Kampung Sadar Gizi, Survey Keluarga Sehat, dan pemeriksaan kesehatan sesuai kelompok umur (penimbangan bayi/balita dan Pemeriksaan Penyakit Tidak Menular (PTM). Sesi kedua pada pukul 19.00 WIB dimulai dengan registrasi dan pemaparan hasil pemeriksaan kesehatan yang dilakukan pada sesi pertama.

Dengan Pembentukan Kampung Sadar Gizi di Kelurahan Oro-Oro Ombo diharapkan seluruh anggota masyarakat sudah menempati rumah yang sehat, memiliki kemandirian untuk memantau status gizi dan berperilaku hidup sehat.  (Cherlly)