HKN Ke-54, Ayo Hidup Sehat!

Tanggal 12 November setiap tahunnya diperingati sebagai peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) dimana selalu diperingati dengan berbagai even di Ibukota maupun di berbagai daerah Indonesia. Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (KB) Kota Madiun menggelar puncak peringatan HKN ke-54 Tahun 2018 di Halaman Depan Balaikota yang dihadiri oleh Walikota Madiun, H. Sugeng Rismiyanto, SH. M.Hum., dan dihadiri pula oleh pejabat-pejabat dari Forpimda, DPRD, Segenap OPD, PKK, Seluruh Lurah dan Pejuang-Pejuang Kesehatan dan KB termasuk kader-kader kesehatan sebagai ujung tombak yang membantu program-program kesehatan di Kota Madiun.

Puncak acara peringatan HKN dilakukan dengan menggelar jalan santai dan pameran kesehatan yang diikuti 2000 peserta dan dibuka langsung oleh  Bapak Walikota Madiun. Menurut penyataan Walikota Sugeng Rismiyanto  yang dikutip dari http://madiunkota.go.id/2018/11/16/raih-4-penghargaan-tahun-ini-walikota-apresiasi-dinkes-kota-madiun/, “Sehat itu kebutuhan setiap orang, mari menjaga kesehatan dimulai dari pribadi masing – masing.”

HKN Ke-54 Tahun 2018 mengangkat tema “Aku Cinta Sehat” dengan subtema Ayo Hidup Sehat, Mulai dari Kita. Tema ini sejalan dengan Program Indonesia untuk lebih sadar, mau dan mampu berperilaku sehat sehingga kualitas hidup masyarakat Indonesia meningkat setiap tahunnya. Dikutip dari http://promkes.kemkes.go.id/hari-kesehatan-nasional-hkn-ke-54-ayo-hidup-sehat-mulai-dari-kita “Momentum HKN ke-54 ini juga bertujuan sebagai langkah mewujudkan peningkatan kualitas kesehatan setinggi-tingginya, dengan melibatkan seluruh komponen bangsa mulai dari pemerintah hingga masyarakat berperan aktif dan semakin menggalakkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dalam aktivitas sehari-hari.”

Perlu kita ketahui bahwa 3 poin GERMAS yang telah diluncurkan sejak tahun 2016 di Kota Madiun adalah mengkonsumsi beragam sayur dan buah, olahraga atau aktivitas fisik secara teratur dan terukur, serta cek kesehatan secara berkala atau rutin.

Sebelum dilakukan acara puncak peringatan, telah dilaksanakan ragam rangkaian peringatan HKN ke-54 oleh Dinkes dan KB beserta 6 Puskesmas di Kota Madiun. Rangkaian acara tersebut antara lain :

  • Lomba-lomba bidang kesehatan dan KB,
  • Seminar menopause di Hotel Aston tanggal 31 Oktober 2018,
  • Talkshow Hari Aids Sedunia di Atrium Suncity Mall tanggal 11 November 2018,
  • Upacara peringatan HKN di Halaman Balaikota tanggal 12 November 20018,
  • Pemeriksaan IVA gratis di 3 Kecamatan mulai tanggal 12-14 November 2018.

Dalam acara puncak peringatan disiarkan bahwa selama tahun 2018, Kota Madiun mendapat 4 penghargaan dalam bidang kesehatan. Penghargaan tersebut adalah Pastika Parama (penghargaan dalam mengimplementasikan kawasan bebas asap rokok), STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) Berkelanjutan, Puskesmas Berprestasi Tingkat Provinsi Jawa Timur, dan Kota Sehat.

Diharapkan bahwa dengan momentum acara HKN ke-54 ini seluruh lapisan masyarakat dapat terlibat dalam mendukung untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat terutama masyarakat di Kota Madiun. (Devi)