Skrining Kesehatan

Pada Bulan September hingga Oktober 2017 nanti, dilakukan Skrining Kesehatan untuk siswa baru Sekolah Dasar (SD)/MI, siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP)/sederajat dan siswa Sekolah Menengah Atas (SMA)/SMK di wilayah kerja Puskesmas Oro-Oro Ombo.

Skrining kesehatan selama Bulan September dilakukan di SMP dan SMA sedangkan untuk Bulan Oktober, skrining kesehatan dilakukan di SD/MI. Kegiatan Skrining Kesehatan ini merupakan upaya pencegahan penyakit (preventif) dengan melakukan penjaringan terhadap anak baru masuk di sekolah. Dengan kegiatan ini, diharapkan petugas dapat mendeteksi secara diniĀ  masalah kesehatan anak sekolah. Jika terjadi masalah serius terhadap kesehatan siswa, petugas dapat mengambil tindakan supaya masalah kesehatan tersebut tidak bertambah buruk.

Petugas puskesmas yang bertugas akan melakukan beberapa pemeriksaan, diantaranya adalah pemeriksaan tanda-tanda vital, seperti pemeriksaan status gizi dan pemeriksaan kebersihan diri. Selain itu ada pemeriksaan tekanan darah, test buta warna, pemeriksaan gula darah sewaktu, pemeriksaan kesehatan pendengaran, pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut dan pemeriksaan tajam penglihatan (visus).

Mari ciptakan generasi sehat dan kuat sehingga menjadikan Indonesia hebat dengan skrining kesehatan.

(cherlly-red)