Ketahui Status HIV dengan Mudah dan Terpercaya dengan Layanan One Call Center

HIV (Human Immunodeficiency Virus) dan AIDS (Aqcuired Immune Deficiency Syndrome) telah menjadi masalah darurat global. Di seluruh dunia, 35 juta orang hidup dengan HIV dan 19 juta diantaranya tidak mengetahui status HIV positif mereka (UNAIDS, 2014). Di kawasan Asia, sebagian besar angka prevalensi HIV pada masyarakat umum masih rendah yaitu <1% kecuali di Thailand dan India Utara.

Epidemi HIV/AIDS juga menjadi masalah di Indonesia yang merupakan negara urutan ke-5 paling beresiko HIV/AIDS di Asia. Laporan kasus baru HIV meningkat setiap tahunnya. Antara tahun 2000-2018, infeksi HIV/AIDS turun 37 persen dan kematian terkait HIV/AIDS turun 45 persen, dan sebanyak 13,6 juta jiwa selamat karena konsumsi Antiretroviral (ARV).

Di Kota Madiun, kasus HIV semakin banyak ditemukan, total kumulatifnya di akhir tahun 2017 ada 294 kasus dari estimasi 1372 kasus. Untuk itu siperlukan peningkatan penemuan kasus dan penatalaksanaan lebih komprehensif dalam menekan penularan HIV. Penatalaksanaan tersebut tertuang dalam Inovasi Pendekar Muda, yaitu layanan VCT One Call Center Mudah dan Terpercaya.

Layanan One Call Center adalah layanan online yang dapat diakses oleh masyarakat dalam berkonsultasi dan periksa status HIV dengan mudah dan terpercaya melalui nomor 089696577530. Masyarakat yang masih enggan dan malu untuk memeriksakan status HIV bisa menghubungi nomor hotline tersebut dan langsung terhubung dengan konselor dari Puskesmas Oro-Oro Ombo Kota Madiun.

One Call Center bermula dari ditunjuknya Puskesmas Oro-Oro Ombo sebagai rujukan utama pasien untuk pemeriksaan HIV yang bernama Klinik Edelweis. Seiring berjalannya waktu, Puskesmas Oro-Oro Ombo berinovasi dalam hal pelayanan dan konseling HIV secara onle, sebagai bentuk kemudahan masyarakat yang masih enggan dan malu untuk memeriksakan status HIVnya.

Pada bulan Maret tahun 2019 Puskesmas Oro-Oro Ombo menjadi puskesmas satu-satunya di Kota Madiun dalam akses layanan pengambilan obat ARV bagi pasien HIV secara gratis tanpa mengantre yang selama ini hanya bisa diakses di RS Soedono Madiun dan RS Paru Manguharjo.

Berikut adalah video alur proses pelayanan One Call Center Puskesmas Oro-Oro Ombo Kota Madiun. Semoga membantu, salam sehat. (Cherlly Pritta)