GIZI TEPAT SAAT MENJALANKAN IBADAH PUASA RAMADHAN

Gizi Seimbang menyangkut keseimbangan antara jenis makanan yang dimakan dengan siapa yang mengkonsumsinya. Sehingga gizi seimbang antara orang satu dengan yang lain bisa berbeda tergantung dari jenis kelamin, usia, berat badan, tinggi badan, aktivitas, stress, faktor pertumbuhan atau fisiologis tertentu, penyakit yang diderita, keadaan lingkungan dsb. Upayakan dalam pemenuhan gizi seimbang secara umum untuk umat Islam yang sedang menjalankan ibadah puasa Ramadhan sebagai berikut :

  1. Makan dan minum yang cukup, sekitar 8-10 gelas sehari. Walau seringkali tidak merasa haus walau baru minum sedikit, namun demi kesehatan, hendaknya diusahakan untuk minum yang cukup meski tidak haus.
  2. Untuk kebutuhan kalori, biasanya wanita membutuhkan kalori lebih sedikit daripada pria dan harus memenuhi standar gizi yaitu 50-60 persen karbohidrat, 20-30 persen lemak,    10-15 persen protein, serta vitamin dan mineral secukupnya.
  3. Saat berbuka puasa, jika Anda suka makanlah kurma, karena berguna untuk menyuplai energi, kurma juga kaya kandungan zat gizi seperti kalium, magnesium, niasin, dan serat.
  4. Pada saat sahur, sebaiknya makan sahur tidak terlalu kenyang, kira-kira sepertiga dari kebutuhan kalori sehari.
  5. Makanlah dalam jumlah bertahap dengan pengaturan jadwal makan, karena mengkonsumsi dalam jumlah terlalu berlebihan di satu waktu makan bisa membuat perut terasa sesak.
  6. Jika tidak bisa makan nasi dalam jumlah yang cukup banyak (karena ada perubahan pada lambung dan gerakan usus) cobalah untuk makan camilan. Kurangi makanan manis, asin dan berlemak
  7. Istirahat di waktu siang hari berguna untuk menghindari keluarnya keringat yang sangat banyak.
  8. Jika ingin olahraga, bisa dilakukan pada sore hari sekitar satu atau setengah jam sebelum berbuka.
  9. Khusus mereka yang memerlukan pengaturan makanan yang lebih secara personal seperti penderita Diabetes Mellitus maka sebaiknya konsultasi dengan dokter dan ahli gizi.

Demikian beberapa hal yang bisa diupayakan dalam rangka pemenuhan gizi seimbang pada saat menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Dengan pemenuhan asupan gizi yang baik kita akan selalu sehat selalu dalam menjalankan ibadah tersebut sehingga puasa kita lebih bermutu. Karena sehat merupakan hasil kombinasi dari pola hidup kita yaitu : 1. Pola Makan, 2. Pola Aktivitas, 3. Pola Pikir / Manajemen Stress, 4. Pola Antisipasi Penyakit Infeksi.

Oleh : Deddi Haryono, S.KM, M.Gizi

Editor : Aulia Mutiara