TANGGAP LAWAN PANDEMI COVID-19

Akhir-akir ini dunia di gembarkan oleh virus yang diberi nama Corona. Coronavirus adalah keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit mulai dari gejala ringan sampai berat. Ada setidaknya dua jenis coronavirus yang diketahui menyebabkan penyakit yang dapat menimbulkan gejala berat seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) adalah penyakit jenis baru yang belum pernah diidentifikasi sebelumnya pada manusia. Virus penyebab COVID-19 ini dinamakan Sars-CoV-2. Virus Corona adalah zoonosis (ditularkan antara hewan dan manusia). Penelitian menyebutkan bahwa SARS ditransmisikan dari kucing luwak (civet cats) ke manusia dan MERS dari unta ke manusia. Adapun, hewan yang menjadi sumber penularan COVID-19 ini sampai saat ini masih belum diketahui.

Sampai dengan 3 Maret 2020, secara global dilaporkan 90.870 kasus konfimasi positif Corona di 72 negara dengan 3.112 kematian (CFR 3,4%). Hal itu menyebabkan World Health Organization (WHO) atau Badan Kesehatan Dunia resmi menyatakan Covid-19 yang disebabkan oleh SARS-CoV-2 sebagai pandemik. Hal itu disampaikan langsung oleh Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus pada Rabu tanggal 3 Maret 2020. Di Indonesia sendiri saat ini sudah Virus Corona sudah menjangkiti 34 provinsi. Saat ini ( Senin, 4 Mei 2020) sudah sebanyak 11.192 pasien positif. Di Jawa Timur terdapat 1.117 pasien positif.
Berdasarkan bukti ilmiah, COVID-19 dapat menular dari manusia ke manusia melalui kontak erat dan droplet, tidak melalui udara. Orang yang paling berisiko tertular penyakit ini adalah orang yang kontak erat dengan pasien COVID-19 termasuk yang merawat pasien COVID-19. Dilihat dari persebaranya yang begitu cepat, maka kita harus bersama-sama memerangi virus ini.

Berikut merupakan cara untuk mencegah persebaran Virus corona.

  1. Menjaga jarak fisik (physical  distancing)
  2. Dilarang berdekatan dengan orang atau mengatur jarak minimal 1-2 meter.
  3. Hindari menggunakan transportasi publik.
  4. Tetap di rumah saja.
  5. Bekerja, ibadah dan belajar dari rumah.
  6. Menerapkan etika batuk.
  7. Membiasakan CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun).
  8. Menggunakan masker kain saat keluar rumah.
  9. Hindari berkumpul secara massa atau berkerumun.
  10. Hindari bepergian keluar kota/ luar negeri.
  11. Jika anda berada di luar kota, jangan pulang kampung dulu.
  • Membantu aparat RT/RW/Kelurahan dalam melakukan upaya pencegahan COVID-19. Semisal melakukan penyemprotan, membantu melaporkan ODR, ODP, PDP kepada RT,
  • Saling mengingatkan sesama warga untuk menjaga kebersihan dan keamanan lingkungan.
  • Membantu pemenuhan logistik bagi warga yang menjalani isolasi mandiri di rumah/lansia yang tidak memiliki keluarga ketua RT.
  • Jika merasa sakit, segera melapor kepada /RW/Kelurahan dan Petugas Puskesmas untuk mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai ketentuan (menggunakan transportasi pribadi, memakai masker kain saat keluar rumah).

Oleh : Puspita Fajar Santika, S.KM

Editor : Cherlly Pritta

Sumber :

Pedoman Pemberdayaan Masyarakat dalam Pencegahan COVID-19 di RT/RW/Desa

Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease (COVID-19) Revisi 3