PESANTREN TANGGUH ERA PANDEMI

Wilayah Puskesmas Oro-Oro Ombo mempunyai 1 pondok pesantren yaitu Pondok Pesantren Kanzul Ulum. Pondok tersebut terletak di wilayah Kelurahan Sukosari. Untuk menunjang belajar santrinya, Pondok ini juga di fasilitasi dengan MTS dan MA Pertanian.

Di dukung oleh kebijakan kegiatan pesantren dan revitalisasi rumah ibadah dalam menghadapi New Normal yang di keluarkan di Jakarta pada tanggal 27 Mei 2020, maka di era pandemi ini Pondok Pesantren Kanzul Ulum memberanikan diri untuk menggelar pembelajaran tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat di wilayah pondok. Protokol tersebut di antaranya adalah :

Pengukuran suhu dan pemakaian hand sanitizer

Setiap pengunjung yang akan masuk ke pondok wajib untuk di ukur suhunya dan memakai hand sanitizer atau cuci tangan.

Menyediakan tempat CTPS

Tempat cuci tangan yang memadai disediakan pihak pondok di depan ruang kelas dengan tujuan warga pondok selalu mencuci tangan sebelum dan setelah kegiatan belajar mengajar.

Tempat tidur berjarak

Tempat tidur  tidak  memakai dipan kayu supaya mudah membuat jarak.

Masjid dengan menerapkan Physical Distancing

Lantai masjid di berikan tanda silang untuk menerapkan Physical Distancing atau jaga jarak saat menjalankan ibadah sholat.

Para santri yang akan memasuki pondok pesantren wajib melakukan Rapid Test dan keluarga tidak diperkenankan untuk melakukan kunjungan. Hal ini dimaksudkan agar mempersempit ruang lingkup penyebaran Covid-19.

Semoga dengan berdenyutnya kembali aktifitas Pondok Pesantren dapat meningkatkan ikhtiar serta pendekatan diri kepada Allah SWT. Sehingga pandemi Covid-19  segera nerakhir dan para santri dapat menatap dan melangkah menuju masa depan lebih cerah.

Oleh : Puspita Fajar Santika

Editor : Cherlly Pritta