TETAP TERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN, SISWA SD JALANI IMUNISASI CAMPAK

Campak merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus campak dari golongan Paramxyvius. Gejala awal campak ditandai dengan demam, batuk, pilek, mata merah dan berair diikuti dengan ruam kulit yang khas, biasanya muncul pada hari ketiga hingga hari ketujuh.

 Pemberian imunisasi untuk siswa SD perlu dilakukan karena sejak anak memasuki usia sekolah dasar terjadi penurunan tingkat kekebalan. Oleh sebab itu pemerintah menyelenggarakan imunisasi ulangan pada anak usia SD atau sederajat.

Setiap tahun siswa baru kelas I SD akan diberikan imunisasi campak secara rutin. Karena pandemi Covid-19, maka pelaksanaan imunisasi campak dilakukan sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pelaksanaan imunisasi campak tahun 2020 dilaksanakan secara terjadwal dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan. Adapun protokol Kesehatan yang diterapkan saat Pelaksanaan Imunisasi Campak diantaranya adalah pengukuran suhu badan saat siswa datang ke sekolah, siswa wajib memakai masker, serta skrining Kesehatan sebelum siswa mendapatkan imunisasi.