Tetap Sehat dan Bugar Setelah 30 Hari Berpuasa

 Harus menjadi perhatian kita semua kegiatan Bulan Ramadhan dan lebaran membuat tidak menentunya kondisi dan berat badan tubuh bagi kebanyakan orang khususnya kaun muslimin yang menjalankan ibadah puasa.Banyak orang yang sukses  menurunkam berat badannya saat berpuasa namun pada saat lebaran bisa saja berat badannya kembali melonjak jika kita tidak pandai dalam mengatur dan menjaga pola makan. Tak ayal hal tersebut membuat banyak gangguan kesehatan mengintai Anda dan keluarga tercinta setelah puasa dan lebaran.

  Sebenarnya tidak sulit dalam menerapkan pola makan sehat setelah puasa dan perayaan hari raya  salah satunya yang terpenting adalah mengontrol makanan yang masuk. Buah buahan dan sayur-sayuran layak di konsumsi untuk mengimbangi makanan berlemak dan minimnya aktifitas fisik.

 Bagaimana mengembalikan kebugaran tubuh setelah puasa dan hari raya? Berikut hal -hal yang harus Anda perhatikan :

  • Kembali Atur Pola Makan

Pola Makan pada umumnya adalah 3 kali sehari. Untuk menjaga pola makan Anda agar tetap stabil alangkah baiknya untuk kembali menerapkan makan 3 kali sehari ini dengan porsi yang dibutuhkan oleh tubuh jangan  menunda waktu makan karena jika kita terbiasa menunda waktu makan  malah akan memperparah porsi makan. Sedikit makan asalkan waktunya stabil bisa tetap menjaga kondisi tubuh anda.

  • Imbangi dengan Buah-buahan dan Sayur

Serat buah dan sayur sangat baik untuk menjaga kesehatan dan memperlancar pencernaan. Selain itu konsumsi buah dan sayur dalam jumlah yang banyak tidak akan membuat tubuh anda menjadi gemuk. Jadi jangan takut dan ragu untuk memperbanyak konsumsi buah segar yang baik untuk melengkapi asupan vitamin penting bagi tubuh. Pilihlah buah yang mengandung kadar air tinggi seperti apel, belimbing, dan jeruk yang cukup baik bagi peredaran darah kita.

  • Perbanyak Minum Air Putih

Beberapa ahli medis menyebutkan bahwa air putih sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan berat badan tubuh. Pastikan Anda tetap mengutamakan minum air putih ketimbang minum lainnya. Anjuran minum air putih 8 gelas/hari atau  2 liter.

  • Hindari Makanan Yang Mengandung Banyak Gula dan Santan

Usahakan untuk menghindari makanan lain yang terlalu manis dan banyak mengandung santan.Kandungan gula pada makanan yang berasal dari karbohidrat akan memicu naiknya insulin dan meningkatnya kadar gula darah. Sedangkan santan perlu dihindari untuk menjaga tubuh dari serangan kolesterol yang tinggi dan penyakit asam urat.

  • Olahraga

Olahraga mungkin menjadi satu rutinitas yang diabaikan saat berpuasa apalagi usai lebaran. Untuk tetap memiliki tubuh yang bugar dan ideal,selain pola makan kita juga harus kembali rutin berolahraga. Olahraga berguna untuk membuang racun-racun yang bersarang di tubuh. Olahraga juga dipercaya sebagai cara yang paling sehat membakar kalori berlebih dalam tubuh. Ada beberapa olahraga yang dianjurkan seperti berenang,jalan kaki dan bersepeda.

  • Istirahat Cukup

Salah satu syarat untuk hidup sehat adalah cukup istirahat .Istirahat yang paling sempurna adalah tidur.Pada saat tidur terjadi regenerasi sel–sel yang rusak menjadi baru,peningkatan kekebalan tubuh dari serangan penyakit. Dan lancarnya peningkatan hormon pertumbuhan tubuh.

Dengan Aktivitas fisik yang seimbang dijamin kondisi tubuh Anda dan keluarga akan tetap sehat, bugar dan siap kembali melakukan aktivitas.

Salam sehat.

Ditulis oleh : Asty Isnawati, A.Md.Gz