Refreshing Taman Posyandu Puskesmas Oro-Oro Ombo Madiun

 

Taman Posyandu adalah layanan PAUD yang terintergrasi dengan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) dan Bina Keluarga Balita (BKB). Aksi ini diprakarsai oleh para kader Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Jawa Timur. Sejak Maret 2012, Pemerintah Jawa Timur mencanangkan Gerakan 10.000 Taman Posyandu, di mana layanan ini akan tersedia di setiap desa.

Kamis tanggal 7 September 2017 dilaksanakan kegiatan Refreshing Taman Posyandu di wilayah kerja Puskesmas Oro-Oro Ombo. Bertempat di Gedung Pertemuan Kelurahan Sukosari dan dimulai pada pukul 09.00 – 10.30 WIB. Pertemuan tersebut dihadiri oleh perwakilan dari kader taman posyandu dan petugas promkes. Bapak Mahsun selaku bidang PLKB mengisi materi tentang Kartu Kembang Anak (KKA). Bapak Mahsun juga menjelaskan tentang cara pengisian KKA serta memberikan dukungan kepada kader posyandu balita.

Pada pertemuan itu, untuk pertama kalinya video tentang Imunisasi Campak Rubella (MR) Puskesmas Oro-Oro Ombo dibagikan. Dari petugas promkes, menghimbau agar kader berperan serta dalam pelaksanaan Imunisasi Campak Rubella (MR)dengan cara mendata sasaran anak yang belum sekolah dan anak yang putus sekolah dibawah usia 15 tahun agar mendapatkan Imunisasi Campak Rubella (MR) di puskesmas.

Dengan terlaksananya pertemuan ini, diharapkan kader dapat menerapkan ilmu yang sudah didapatkan di posyandu masing-masing dan menularkan ilmu tersebut kepada kader yang lainnya. (cherlly-red)