KIAT OLAHRAGA AMAN DIKALA PANDEMI

Ditengah kondisi pandemi Covid-19 yang terus meningkat jumlah kasusnya di Indonesia, banyak masyarakat yang sudah kembali melakukan aktivitasnya. Sering sekali kita melihat lalu lalang orang bersepeda atau sekedar berjemur di lingkungan rumah bukan? Olahraga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan Olahraga boleh saja dilakukan, namun kita juga perlu tetap waspada akan bahaya penyebaran Virus Corona ini. Simak 7 tips sehat agar kalian tetap aman saat berolahraga!

  1. Sebelum berolahraga, pastikan tubuh dalam keadaan sehat tanpa ada gangguan seperti batuk, demam, pilek,  nyeri tenggorokan, sesak nafas. Jika mengalami gangguan kesehatan pastikan kalian melakukan olahraga di rumah saja. 
  2. Sebelum memasuki ruang publik untuk berolahraga, cucilah tangan terlebih dahulu, tetap jaga jarak dan pakailah masker. Nah, olahraga yang dapat dilakukan dengan menggunakan masker adalah olahraga dengan intensitas ringan sampai sedang atau olahraga yang masih memungkinkan kita untuk berbicara (olahraga intensitas sedang 30 menit selama 4-5 hari seminggu dapat meningkatkan antibodi dalam tubuh)
  3. jangan terlalu memaksa diri untuk berolahraga. Misalnya apabila badan sudah letih dan terengah-engah. Kalau ini terjadi, lebih baik hentikan dulu olahraga dan mencari tempat yang sepi. Lepas masker yang dipakai dan mulailah mengatur pernapasan serta istirahat sejenak.
  4. Untuk orang yang jarang olahraga namun ingin memulai olahraga mulailah secara pelan dan lakukan secara berkesinambungan
  5. Disarankan untuk tidak melakukan olahraga yang bisa bersentuhan dengan orang lain. Misalnya bulutangkis, bola voli, bola basker, apalagi sepakbola
  6. Hindari menyentuh area wajah saat sedang berolahraga terutama usai menggunakan alat olahraga di tempat umum
  7. Sesudah berolahraga segeralah cuci tangan, mandi dan mengganti pakaian yang digunakan saat berolahraga di tempat umum. Jika diperlukan setelah tiba di rumah bersihkan handphone, tas atau barang bawaan lainnya dengan cairan desinfektan.

Oleh : Nur Risca Azizah, S.KM